MACAM-MACAM PEMBANGKIT LISTRIK


Pembangkit listrik adalah bagian dari alat industri yang dipakai untuk memproduksi dan membangkitkan tenaga listrik dari berbagai sumber tenaga. Berikut in iberbagai macam jenis pembangkit listrik :

1. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)


Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA memanfaatkan arus cepat yang dihasilkan oleh air untuk menggerakan turbin pada generator mesin. Pergerakan ini akan mengubah energi kinetik dan potensial yang ada di dalam air agar dapat menghasilkan energi murni yang tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga hemat. Karena bersumber dari air, PLTA biasanya dibangun di dekat waduk, bendungan, atau sungai dengan aliran yang cukup kuat. PLTA dibagi menjadi dua, yaitu tenaga air yang berasal dari arus alami atau pompa, dan sumber yang berada di tempat tinggi seperti air terjun.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)


Pembangkit Listrik Tenaga Surya biasanya banyak digunakan pada perumahan komersil. Jenis pembangkit listrik ini memiliki sumber yang kuat karena berasal dari energi panas sinar matahari yang sangat berlimpah. Sama sperti PLTA, PLTS mengandalkan sumber energi murni alami sehingga sangat ramah lingkungan. Alat ini bekerja dengan menggunakan panel surya yang dapat menyimpan engeri listrik serapan sinar matahari ke dalam baterai. Mengingat iklim negeri kita yang memiliki musim kemarau cukup panjang, PLTS adalah alat pembangkit listrik yang lebih ideal untuk di pakai di rumah.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)


Jenis pembangkit listrik berikutnya bergantung kepada bahan bakar gas, minyak, atau batu bara sebagai sumber energi. Bahan bakar tersebut akan terbakar bersama dengan gas yang nantinya akan tersaring melewati filter udara untuk menggerakan turbin generator. Gas dan bahan bakar tersebut memiliki tekanan yang cukup tinggi sehingga energi yang dihasilkannya pun sangat kuat. Biasanya, kamu dapat menemukan bangunan PLTG di daerah-daerah yang jauh dari kota karena suara mesinnya yang dapat terdengar terlalu bising.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTB)


Alat ini merupakan jenis pembangkit listrik yang memerlukan energi panas bumi agar dapat mengeluarkan listrik. Uap panas yang didapatkan dari titik bumi tersebut akan dijadikan sebagai sumber penggerak turbin generator mesin.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)



Pembangkit Listrik Tenaga Uap ini memanfaatkan energi uap dari hasil pompaan air dalam pipa yang nantinya akan bersatu dengan minyak dan batu bara. Hasil pemanasan ketel uap tersebut akan dibakar dan disemprotkan menjadi satu energi uap yang

menggerakakan turbin pada generator mesin. Hasil uang ini lah yang pada akhirnya akan menjadi sumber energi listrik yang mengalir ke seluruh kota.

6. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)


Agar dapat bekerja dengan baik, pembangkit listrik tenaga diesel membutuhkan bahan bakar solar. Mesin diesel pada alat ini berfungsi sebagai penggerak mula. Setelah bekerja, mesin diesel akan menghasilkan energi murni mekanis yang dapat menggerakan motor generator.

7. Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO)


Gerakan ombak laut yang tinggi bergulung tersebutlah yang dimanfaatkan banyak negara untuk menghasilkan energi listrik yang cukup besar. Penemuan jenis pembangkit listrik ini termasuk baru dan sudah terbukti sebagai salah satu alat yang ramah lingkungan dan juga murah.


Bila ingin melakukan pemasangan pembangkit listrik, pengecekan pembangkit listrik, perawatan pembangkit listrik, merancang pembangkit listrik, meodifikasi pembangkit listrik, atau bahkan perbaikan pembangkit listrik gunakanlah jasa konsultan. Gunakanlah jasa konsultan pembangkit listrik yang paham dan berpengalaman mengenai pembangkit listrik di sewatama.

0 Komentar